Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Penasihat Keuangan?
By: Date: October 24, 2020 Categories: Keuangan,Marketing,Tips

Pertama mari kita pahami siapa penasihat keuangan. Penasihat keuangan membantu kita menabung atau berinvestasi dalam tujuan keuangan kita. Penasihat keuangan juga dapat membantu kami dengan perencanaan pajak, perencanaan warisan atau perlindungan asuransi. Ada orang yang membantu kami menempatkan dana kami melalui cara terbaik untuk meminimalkan biaya dana kami dan memaksimalkan keuntungan dari investasi.

Jadi, penasihat keuangan menawarkan bantuan atau pengelolaan lengkap – keuangan kita. Penasihat keuangan di era digital ini juga bisa menjadi penasihat Robo yang mengelola dan membantu investasi kita.

Tapi semuanya harus dibayar mahal. Jika kita mengetahui dan memahami pasar keuangan, bahkan pada tingkat dasar haruskah kita tetap mencari penasihat keuangan?

Jawabannya adalah tidak. Semakin banyak kita memasukkan kulit kita ke dalam permainan, semakin banyak kita belajar. Pada awalnya, kita mungkin konservatif dan memasukkan uang kita ke dalam investasi yang memberikan pengembalian yang layak dengan risiko rendah. Tapi perlahan, selera risiko kita akan meningkat dengan lebih banyak investasi finansial yang kita lakukan lembur.

Pasar keuangan India sangat transparan mengenai informasi yang dibagikan mengenai kinerja keuangan aset yang mendasarinya. Seperti kita mendapatkan laporan tahunan, laporan triwulanan untuk perusahaan tempat kita ingin atau telah berinvestasi. Untuk instrumen hutang, berbagai grafik tersedia secara online.

Untuk reksa dana, yang merupakan salah satu sarana keuangan yang berkembang di mana sebagian besar orang telah mulai memarkir investasinya, informasinya tersedia di seluruh internet. Ada berbagai grafik yang ditampilkan, pengembalian yang ditampilkan selama berbagai periode waktu yang menunjukkan kinerja masa lalu serta bagaimana reksa dana dapat berkinerja di masa depan yang menggabungkan volatilitas pasar. Informasi ini hanya dengan sekali klik, orang hanya perlu mengetahui jenis investasi reksa dana apa yang harus dia gunakan dan kebanyakan opsi terdaftar untuk tujuan perbandingan. Bahkan mengetahui jenis reksa dana yang cocok tidaklah sulit, terdapat berbagai situs informasi, tutorial dan perusahaan manajemen aset yang tersedia di internet bagi para pemula untuk mendapatkan awal yang baik dengan informasi yang melimpah.

Bagaimana seharusnya seseorang memutuskan apakah dia harus menyewa seorang penasihat keuangan? Beberapa pemeriksaan berikut akan membantu kami mengetahui apakah kami memerlukan penasihat keuangan atau tidak

Apakah kita memahami investasi yang ingin kita lakukan? Seperti apakah reksa dana atau saham atau obligasi itu?
Apakah kita memahami kategori jenis investasi yang luas?
Apakah kita memahami bagaimana nilai yang mendasarinya berubah? Untuk mis. untuk reksa dana yang mendorong Nilai Aktiva Bersih skema dana.
Apakah kita memahami konsep volatilitas pasar?
Apakah kita memahami perbedaan antara tujuan jangka pendek dan jangka panjang kita?
Apakah kami memahami profil risiko kami?
Setelah melihat pertanyaan-pertanyaan ini, orang mungkin berpikir untuk menggunakan penasihat keuangan profesional, tetapi izinkan saya memberi tahu Anda satu hal. Semua pertanyaan di atas akan langsung terjawab jika kita mencoba menginvestasikan diri kita sendiri atau merencanakannya sendiri.

Jika kita terlalu sibuk dengan jadwal kerja lainnya, kita dapat memilih penasihat keuangan tetapi seperti yang dikatakan oleh oracle dari Omaha, Warren Buffet “Jika Anda Tidak Berinvestasi, Anda Melakukannya dengan Salah”. Untuk mendapatkan kulit dalam permainan adalah seni di balik memenangkan permainan adalah fakta yang terkenal. Juga, ada biaya yang terkait dengan penasihat keuangan, yang sifatnya berulang.

Jadi, disarankan untuk mencoba sendiri untuk investasi keuangan atau perencanaan keuangan. Ini karena kita akan belajar pasar dengan lebih baik, instrumen keuangan lebih baik dan yang terpenting kitalah yang paling memahami diri kita sendiri, kita dapat membuat profil risiko kita. Namun demikian, jika kami masih tidak memiliki waktu, kami dapat memilih penasihat keuangan, yang akan berinvestasi atas nama kami.