Panduan Pemula untuk Penambangan Crypto
By: Date: October 24, 2020 Categories: Bitcoin,Investasi,Tips Tags:

Menambang cryptocurrency telah menjadi upaya yang cukup populer akhir-akhir ini. Sejak Bitcoin memasuki pasar pada tahun 2009, minat orang terhadap mata uang digital telah meningkat. Saat ini, Bitcoin adalah salah satu kripto paling berharga, dan banyak orang menambangnya.

Tentu saja, ada ribuan crypto lain yang juga dapat ditambang, tetapi orang biasanya memilih Bitcoin, karena memiliki margin keuntungan terbaik. Jadi, apa sebenarnya arti menambang cryptos?

Sederhananya, Anda menghubungkan perangkat keras Anda ke blockchain untuk menyelesaikan algoritma matematika yang kompleks dan sebagai gantinya, Anda mendapatkan hadiah dengan cryptos. Kedengarannya cukup mudah, tetapi prosesnya sedikit lebih rumit daripada yang terlihat. Karena itu, bagi Anda yang baru memulai sebagai penambang, berikut panduan pemula untuk menambang kripto.

Teliti cryptos yang dapat ditambang
Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada ribuan cryptos di pasar yang dapat ditambang. Orang biasanya memutuskan mana yang akan dipilih berdasarkan pangsa pasar dan nilainya.

Itu membuat Bitcoin menjadi pilihan yang jelas. Penting untuk dicatat bahwa jumlah Bitcoin yang ada terbatas. Dari 21 juta Bitcoin yang dibuat, 18,4 juta telah ditambang. Itu hanya menyisakan 2,6 juta Bitcoin tersisa untuk ditambang.

Namun jangan biarkan hal itu membuat Anda patah semangat karena nilai Bitcoin yang tersisa cukup tinggi untuk membuat penambangan cukup menguntungkan. Namun, fakta kecil ini membuat penambangan sedikit lebih rumit dari sebelumnya. Setelah Anda meneliti semua cryptos yang menunjukkan janji keuntungan setelah penambangan, inilah saatnya untuk mengerjakan perangkat keras Anda.

Dapatkan sendiri perangkat keras penambangan yang tepat
Dulu, Anda harus membangun PC khusus yang dirancang khusus untuk menambang kripto. Saat ini, ada perangkat keras siap pakai yang dibuat hanya untuk tujuan ini yang dapat Anda investasikan. Ada berbagai model dan produsen perangkat keras tersebut, dan Anda ingin meluangkan waktu untuk meneliti semuanya.

Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk menambang Bitcoin, adalah ide yang bagus untuk memilih perangkat keras penambangan Bitcoin terbaik. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa usaha penambangan Anda menghasilkan keuntungan. Saat memutuskan perangkat keras, Anda harus memeriksa tingkat hash. Ini menunjukkan kekuatan pemrosesan jaringan blockchain, serta berapa kali jaringan itu sendiri dapat mencoba menyelesaikan masalah matematika per detik.

Juga, pastikan Anda mendapatkan perangkat keras ASIC (Application Specific Integrated Circuit) karena rig ini memiliki kinerja penambangan yang tinggi. Last but not least, Anda harus memeriksa efisiensi daya perangkat keras Anda. Penambangan membutuhkan banyak tenaga, dan Anda tidak ingin tagihan listrik Anda melebihi keuntungan penambangan Anda.

Bergabunglah dengan kolam penambangan
Kumpulan penambangan adalah sekelompok orang yang berbagi sumber daya, perangkat keras, dan upaya untuk membantu blockchain memecahkan masalah. Setelah itu, mereka juga membagi hadiahnya. Bergabung dengan salah satu kumpulan ini sangat penting karena, dengan Anda sendiri, Anda memiliki sedikit kesempatan untuk menambang apa pun.

Alasan utamanya adalah bahwa perangkat keras Anda sendiri tidak dapat banyak membantu blockchain tetapi banyak orang yang bergabung bersama adalah cerita lain. Namun, bergabung dengan penambangan berarti Anda harus membayar biaya untuk dapat bergabung. Ini dapat mengurangi pendapatan Anda dengan jumlah yang kecil tetapi ini memberi Anda pendapatan yang konsisten sebagai imbalan.

Alasan lain untuk bergabung dengan pool adalah bahwa itu satu-satunya kesempatan yang Anda miliki untuk bersaing dengan penambangan besar yang mencoba mengeksploitasi sistem dan mengambil hadiah untuk diri mereka sendiri. Karena itu, teliti kolam penambangan yang tersedia dan bergabunglah dengan salah satu yang paling cocok untuk Anda. Setelah itu, tinggal masalah waktu sebelum Anda melihat hasil kerja Anda.

Dapatkan dompet
Crypto yang ditambang harus disimpan di suatu tempat sebagaimana adanya, memang, aset digital. Jika Anda menambang Bitcoin, Anda memerlukan dompet Bitcoin. Hal yang sama berlaku untuk crypto lain yang Anda putuskan untuk menambang. Hanya beberapa dompet yang dapat menyimpan banyak kripto secara bersamaan.

Bitcoin, misalnya, masih disimpan di blockchain, jadi Anda mendapatkan alamat unik yang terdiri dari kunci publik dan pribadi yang cocok. Ini berarti Anda mendapatkan alamat untuk setiap Bitcoin di dompet Anda, dan Anda dapat mengelolanya dari sana.

Sekarang, meskipun blockchain hampir tidak mungkin diretas, dompet Anda, di sisi lain, adalah tempat crypto Anda paling rentan dari serangan dunia maya. Itulah mengapa sangat penting untuk mengamankan dompet Anda dengan cara terbaik. Disarankan agar Anda menggunakan metode MFA (Multi-Factor Authentication) untuk mengamankan dompet kripto Anda. Jika Anda kehilangan kunci pribadi, Anda kehilangan cryptos Anda selamanya.

Menambang kripto bisa sangat menguntungkan jika Anda tahu apa yang Anda lakukan. Pada awalnya, usaha ini mungkin tidak tampak sepadan, tetapi Anda harus bertahan sedikit sebelum mulai melihat hasil yang layak. Oleh karena itu, teliti pilihan Anda, dapatkan dompet dan perangkat keras dan cobalah sendiri.